Kamis, 31 Oktober 2013

Tutorial Membuat Indeks Menggunakan Ms. Word


Indeks adalah daftar kata atau istilah penting yang terdapat dalam buku bacaan. Lazimnya disertai dengan nomer halaman ( terkadang disertai dengan simbol yang menunjukkan posisi tersebut dalam halaman ). Hal ini sangat membantu pembaca dalam mencari istilah atau kata dalam sebuah buku.
v  Berikut tutorial cara membuat Indeks :
Langkah1 :cari kata yang ingin di letakkandalamhalamanindeks
Langkah2 : blog kata yang ingin di indeks
Langkah3 :dalam tabReference pilih Index dan Mark entry
Langkah4 : selanjutnya akan keluar: "Mark Index Entry" sebagai berikut:


Main entry tersebut = kata yang tentunya akan dimasukkan dalam indeks
Sub entry nya optional: mau ditambahkan boleh (bertingkat) atau tidak juga boleh
Untuk options ada 3 pilihan yaitu:
1. Cross Reference: jika kita ingin menghubungkan indeks satu dengan indeks lainnya
2. Current Page: jika kita tidak ingin menghubungkan dengan indeks lainnya
3. Page range: jika kita hanya ingin mengambil indeks dari halaman tertentu sampai halaman tertentu pula (namun untuk yang ini, kita harus belajar  bookmark terlebih dahulu)
Untuk belajar sederhana gunakan Current page dan pilih mark atau mark all. Ada dua alternative jika kita pilih “mark” maka indeks yang dimasukkan hanya dari halaman dimana Anda melakukan mark up, namun hal berbeda jika anda klik di mark all maka yang Anda masukkan dalam indeks adalah kata dari halaman pertama sampai halaman terakhir. Untuk pembelajaran pilih “mark”
Selanjutnya, untuk kata-kata lainnya tidak jauh berbeda prosesnya dengan apa yang dilakukan sebelumnya.

Catatan: Akan selalu muncul hide mark seperti ini jika anda melakukan entry indeks.contoh : { XE “habis gelap terbitlah terang” }.Untuk menonaktifkan hide tersebut, klik tanda hide pada kotak  paragraph sehingga tanda tersebut hilang.

v  Memasukkan hasil mark entry indeks pada halaman yang kita inginkan.
Langkah 1 : pilih halaman dimana Indeks yang sudah dibuat diletakkan. Biasanya terletak di akhir halaman
Langkah 2 : Selanjutnya pilih tab Reference > index tab > Insert Index
Secara otomatis keseluruhan entry indeks yang anda buat akan masuk dalam halaman yang anda inginkan.
Catatan: Jika terdapat perubahan indeks yang telah anda buat dapat secara langsung melakukan update index (seperti dalam gambar diatas atau dengan klik kanan akan muncul update field, klik)

v  Cara menghapus Indeks (Jika terdapat kesalahan)
Akan selalu muncul hide mark seperti ini jika anda melakukan entry indeks { XE “Habis Gelap” }. Untuk menghapus indek yang salah, keseluruhan notasi apapun dalam kurung kurawal tersebut harus dihilangkan ({XE …..}), secara otomatatis Indeks yang anda hapus tersebut akan hilang dalam daftar indeks yang anda buat. Cara ini juga berlaku jika kita ingin melakukan editing indeks yang telah kita buat, seperti kata “Habis Gelap” mau diganti atau ditambahkan dengan kata “Terbitlah Terang” maka anda hanya tinggal menambahkan kata tersebut dalam kurung kurawalnya seperti { XE “Habis Gelap Terbitlah Terang” }. Untuk proses selanjutnya kurang lebih sama langkah-langkahnya.
v  a. Dalam dokumen word, buka find & replace window dengan menekan Ctrl + F
b. Klik "More"


v  c. Klik special --> Field
d. Replace All


Itulah tutorial membuat dan menghapus Index menggunakan Ms. Word. Semoga Bermanfaat.:)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar